Meme Ramaikan Dunia Media Sosial

BAB I

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Media sosial (Facebook, Twitter, Path dan Instagram) adalah salah satu perkembangan teknilogi informasi yang telah membawa perubahan dalam proses komunikasi manusia. Media Sosial mempunyai proses dampak yang sangat luar biasa di masa datang. Sementara itu masyarakat Indonesia sudah  terlanjur  banyak  yang  memanfaatkan  media  sosial  tersebut  untuk  proses komunikasi. Mereka tidak mengetahui konsekuensi dan dampak media sosial itu. Bagi  mereka, yang penting bisa berkomunikasi secara efisien dan efektif, tidak lebih dari itu.

Akhir-akhir ini geliat visual di dunia internet Indonesia tengah berada pada tingkatan yang masif. Puluhan hingga ratusan citraan foto, status dberserakan setiap hari di media sosial kita. Citraan-citraan tersebut biasanya disertai dengan teks-teks dengan gaya kritik menggelitik. Isu yang disampaikan  pun merupakan representasi dari kejadian-kejadian populer yang sedang ramai menjadi perbincangan masyarakat, meskipun tidak jarang juga mengangkat isu keseharian seperti tentang percintaan, pengalaman hidup, pendidikan, sampai agama. Citraan-citraan tersebut disebut dengan meme (baca: mim) atau internet meme. penyebaran atau pengembangbiakan meme dilakukan dengan cara replikasi dan memodifikasi dari meme-meme yang sudah ada.

  1. Rumusan Masalah

Melihat latar balakang permasalahan di atas, rumusan masalah yang dikemukakan sebagai berikut;

  1. Bagaimana fenomena meme di media sosial?
  2. Bagaimana media  sosial  merekonstruksi  teori-teori komunikasi massa?

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Pengertian Meme

Kamus Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “sebuah ide, kebiasaan atau gaya yang menyebar dari orang ke orang dalam suatu budaya”. Istilah meme sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli biologi asal Britania Raya, Richard Dawkins. Akar katanya berasal dari bahasa Yunani, yakni mimesis, yang berarti tiruan. Dawkins memaknai meme sebagai suatu unit informasi budaya (berupa pemikiran, ide, gagasan, kebiasaan, lagu) yang membentuk pola-pola kebudayaan tertentu.

Ia menganalogikan meme dengan gen, gen seperti yang ada di tubuh manusia. Oleh karena meme dianalogikan sebagai gen, maka dapat kita ketahui bahwa meme memiliki ciri serupa dengan gen. Dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene dijelaskan jika gen berkembang biak dalam kolam gen dengan meloncat dari tubuh ke tubuh melalui sperma dan sel telur, maka meme berkembang biak dalam kolam meme dengan meloncat dari otak ke otak melalui suatu proses, yang dalam pengertian luas, disebut imitasi (Dawkins, 2006).

Teknologi informasi nampaknya terus mendorong kreator untuk terus memproduksi meme baru, sehingga meme lama akan terus tergantikan dengan meme-meme yang baru tersebut, dan hanya sedikit saja yang bisa bertahan. Dengan kata lain proses penyebaran meme terjadi dari mereplika dan memodifikasi.

  1. Perkembangan Meme di Indonesia

Meme memang telah lama hadir di Indonesia, namun mulai booming di Tanah Air sekitar tiga tahun terakhir. Meme yang ada saat ini memang sangat erat kaitannya dengan berbagai kejadian yang ada di masyarakat, namun dikemas dengan sesuatu yang terlihat menghibur.

Orang Indonesia lebih suka menyampaikan kritik melalui meme dikarenakan cara ini adalah cara yang lucu atau cara yang menarik. Namun dampak yang ditimbulkan cukup besar, Meme yang sering dicari orang Indonesia adalah meme-meme kategori lucu akarena lebih menghibur dan bernuansa kental akan Indonesia.

Meski terlihat lucu, tak jarang meme yang dibuat untuk menyindir seseorang atau peristiwa tertentu itu juga sering menuai protes dan komentar pedas dari berbagai pihak. Dan untuk masalah aturan dalam pembuatan meme, aturan secara baku dalam membuat meme tidak ada. Namun, ruang gerak pembuatan meme di Indonesia dibatasi undang-undang yang berkaitan dengan ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) dan pencemaran nama baik. Jadi, jika meme yang dibuat bertujuan untuk menjelek-jelekkan seseorang atau sekelompok orang, maka sudah tentu akan terkena hukuman.

  1. Jenis – Jenis Meme

Ada beberapa jenis meme yang lagi ngetrend di kalangan anak muda sekarang, yaitu :

  1. Meme Sindiran

Meme ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang dengan ciri khas tertentu (Sifat, fisik, dsb) bisa dibilang meme ini cukup populer dikalangan remaja.

  1.    Meme Percintaan

Meme yang biasanya menggambarkan kegalauan para remaja ataupun remaja yang sedang berpacaran. Akhir-akhir ini banyak sekali cerita humor percintaan remaja yang di share di beberapa situs internet dengan tujuan dapat dijadikan hiburan untuk sejenak melepas beban berat pekerjaan maupun persoalan lainnya. Di zaman yang serba modern ini justru tingkat stres manusia semakin tinggi terutama orang-orang yang hidup di kota besar. Maka dari itu, cerita cinta lucu bisa menjadi salah satu hiburan atau guyonan yang dapat merelaksasikan otak yang lagi penuh beban.

  1. Meme Motivasi

Meme ini punya tujuan mulia, yaitu memotivasi orang mengenai hal-hal positif yang sebaiknya kita jalani dalam hidup.

  1. Meme Joke

Meme yang satu ini banyak diminati kalangan anak muda masa kini. Meme ini biasanya berisikan kumpulan gambar – gambar kocak yang dapat menghibur dan menghilangkan stress sejenak. Selain gambar gambar yang kocak editannya pun disertai dengan tulisan tulisan yang konyol yang membuat kita tertawa.

  1. Meme Politik

Meme ini khusus membahas tentang politik, namun tetap didalamnya juga terdapat unsur komedi yang pastinya menghibur.

  1. Perubahan Aktivitas Komunikasi.

Berkaitan dengan fenomena meme saat ini, ada beberapa perubahan yang terjadi, bahwa apa yang terjadi pada media sosial menentukan bagaimana manusia itu berkomunikasi, manusia dalam berkomunikasi menjadikan apa yang dilihat, dirasakan, dan diindera lainnya menentukan atau menjadi bahan pembicaraan. Dengan kata lain, apa yang diakses melalui media sosial itu menentukan aktivitas baru komunikasi manusia.

Bentuk perubahan itu diantaranya sebagai berikut; (a) perubahan bentuk komunikasi dan media yang digunakan, komunikasi yang biasanya langsung bertatap muka, sekarang melalui dunia maya, (b) perubahan sikap, cepatnya tersebar informasi melalui dunia maya sehingga berefek pada perilaku seseorang, (c) perubahan aktivitas komunikasi, komunikasi yang awalnya membutuhkan waktu untuk mendapatkan feedback sekarang lebih efisien, media yang digunakan sangat mempermudah dalam menyampaikan pesan.

  1. Perubahan Drastis Proses Penyebaran Pesan

Orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat asalkan punya smartphone dan koneksi internet di tambah dengan kepemilikan akun media sosial sudah dapat mengakses gambar-gambar meme, atau jika yang menggunakan smartphone memang yang mengerti aplikasi gambar tersebut, sudah barang tentu bukan hanya melihat melainkan juga ikut memproduksi.

Gambar-gambar meme yang banyak di produksi ini kemudian didistribusikan ke cyber space seperti twitter, facebook, ataupun path. Gambar-gambar yang menarik dan menggoda untuk dilihat ini terkadang membuat rakyat media sosial senyum-senyum sendiri, bahkan ada yang sampai tertawa geli.

Tetapi di sisi lain tidak jarang juga ada gambar yang di hasilkan malah membuat orang kecut, kesal, dan menjadi marah. Gambar meme pada fase ini terlihat bagai dewa Janus, baik di satu sisi membuat sehat karena senam tawa, tetapi juga buruk di sisi lain membuat banyak pasien darah tinggi meningkat karena amarah.

Dapat dikatakan demikian karena gambar meme telah di konsumsi secara massal oleh berbagai kelas sosial yang ada di masyarakat. Baik dari kelas sosial atas, menengah, hingga bawah telah secara berjamaah mengkonsumsi gambar meme tanpa mempedulikan lagi untuk apa gambar meme tersebut di produksi dan untuk konsumen kelas sosial seperti apa yang menjadi target pasarnya.

Gambar meme dalam fase ini telah berhasil memecahkan batas antara budaya tinggi dan rendah, tidak ada lagi klaim budaya tinggi atau budaya rendah. Kehadiran gambar meme justru seolah meleburkan garis perbedaan di antara kedua sub kebudayaan tersebut. Peleburan inilah kemudian yang mengkonstruksi meme menjadi budaya massa seperti sekarang ini. Sebagai sebuah budaya massa hari ini gambar meme juga dianggap karya seni

Ilustrasi meme bermanfaat sebagai ilustrasi yang bertujuan untuk menghibur. Dalam dunia desain komunikasi visual, ilustrasi ini juga dapat digunakan untuk bercerita (komik) maupun menuangkan ekspresi seseorang terhadap suatu hal seperti kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, sindiran untuk kalangan tertentu (sindiran politik, sosial, budaya, dan lain-lain) sebagai visual.

Cara berkomunikasi melalui ilustrasi meme memiliki manfaat (khususnya dalam dunia maya) seperti sebagai hiburan bagi banyak orang, mengembangkan imajinasi dengan membuat cerita lucu, mengetahui informasi baru secara tidak langsung mengenai fenomena sosial yang ada, dan lain sebagainya. Meme sebagai hiburan memiliki fungsi untuk menghilangkan kejenuhan maupun mengurangi beban pikiran. Karena melalui cerita-cerita lucu, orang akan terhibur dan suasana hatinya akan menjadi lebih baik.

  1. Cara Baru Berkomunikasi Masyarakat Modern

Tidak bisa dipungkiri kehadiran media sosial telah mengubah, bahkan merevolusi proses komunikasi manusia. Bahkan bisa dikatakan proses komunikasi model demikian merupakan ciri khas yang melekat pada masyarakat modern saat ini.

Masyarakat tidak lagi menjadi konsumen media tetapi menjadi produsen. Informasi tidak hanya disebarkan oleh wartawan, tetapi juga oleh masyarakat. Bahkan berita yang belum muncul dimedia umum (mainstream media) sudah muncul terlebih dahulu lewat meme.

Munculnya fenomena meme saat ini merupakan fenomena khas era internet sekarang ini. Informasi yang beredar tidak lagi one step flow of communication (komunikasi satu arah), tetapi two step flow of communication (dua arah) atau bahkan multi step flow of communication (banyak tahap). Komunikasi satu arah hanya dari komunikan ke komunikator. Sementara itu komunikasi dua arah menjadi ciri komunikasi masyarakat modern. Komunikan tidak saja selamanya menjadi komunikan, bahkan komunikan juga bisa menjadi komunikator.

  1. Pengaruh Meme Bagi Kehidupan Sosial

Kehadiran internet meme membuat masyarakat lebih mudah dalam memahami suatu informasi. Hal ini terjadi karena media penyampaian informasi lewat internet meme lebih menarik dan menghibur. Topik yang diangkat dalam internet meme adalah seputar kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat melatih kepekaan manusia terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, internet meme menjadikan manusia lebih jeli dan peduli terhadap sesama. Melalui internet meme, manusia juga dapat mengekspresikan apa yang sedang dirasakan.

Meskipun penciptaannya memerlukan daya kreativitas, internet meme lebih dimaknai sebagai proses komunikasi,  bukan proses berkarya seni.  Tingginya tingkat ketertarikan masyarakat terhadap internet meme membawa dampak positif terhadap para kreator internet meme. Apabila sebuah karya meme mendapat apresiasi yang baik oleh masyarakat, kreator tentu akan bangga dan memperoleh kepuasan tersendiri.

Hal tersebut tidak hanya terjadi pada kreatornya saja. Penikmat meme akan merasa tertarik jika suatu fenomena sosial yang dibahas dalam sebuah meme adalah penggambaran keadaannya sendiri. Hal tersebut menimbulkan kesadaran bahwa bukan hanya dirinya yang mengalami hal serupa.

BAB III

KESIMPULAN

Munculnya fenomena meme saat ini merupakan fenomena khas era internet sekarang ini. Informasi yang beredar tidak lagi one step flow of communication (komunikasi satu arah), tetapi two step flow of communication (dua arah) atau bahkan multi step flow of communication (banyak tahap). Komunikasi satu arah hanya dari komunikan ke komunikator. Sementara itu komunikasi dua arah menjadi ciri komunikasi masyarakat modern. Komunikan tidak saja selamanya menjadi komunikan, bahkan komunikan juga bisa menjadi komunikator.

Cara berkomunikasi melalui ilustrasi meme memiliki manfaat (khususnya dalam dunia maya) seperti sebagai hiburan bagi banyak orang, mengembangkan imajinasi dengan membuat cerita lucu, mengetahui informasi baru secara tidak langsung mengenai fenomena sosial yang ada, dan lain sebagainya. Meme sebagai hiburan memiliki fungsi untuk menghilangkan kejenuhan maupun mengurangi beban pikiran. Karena melalui cerita-cerita lucu, orang akan terhibur dan suasana hatinya akan menjadi lebih baik.

           Dampak yang ditimbulkan cukup besar, internet meme mampu menjadi alternative untuk orang mengasah kepekaan dan kepedulian seseorang terhadap lingkungan. Internet meme mampu menyampaikan pesan moral yang kadang masyarakat tidak perdulikan. meme mampu menghilangkan batas budaya tinggi dan rendah oleh karena itu, sekarang ini sering juga dijadikan sebagai alat pengkritik yang tepat.

uplo1uplo 2uplo3

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Rohim, H. Saiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprapto, Tommy. 2005. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Cangara. H. Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Jurnal, Internet, dan Lain – Lain

Wella, Gogor Bangsa, Hen Dian. Pengaruh Ilustrasi Visual Meme “Rage Face” Terhadap Frekuensi Kunjungan Website 9GAG. Dalam http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/780. Di akses tanggal 02 April 2015 pukul 18.50 WIB

Dwi Setya, Erika. 2011. Komunikasi dan Media Sosial. Dalam http://journal.usm.ac.id/jurnal/795/penulis/errika-dwi-setyo-watie-ss

osmikom.html. Di akses tanggal 02 April 2015 pukul 19.03 WIB.

Nurudin. 2013. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. http://www.academia.edu/5651271/Nurudin_Media_Sosial_Baru_dan_Munculnya_Revolusi_Proses_Komunikasi_Dimuat_di_Jurnal_Komunikator_ . Di akses tanggal 02 April 2015 pukul 19.15 WIB.

Tinggalkan komentar